Membuat tombol berkilau (Shiny Button)


Button/tombol sering kita jumpai pada website, video interaktif, aplikasi, atau desain apapun yang apabila di ’klik’ akan melakukan sebuah action tertentu. Di tutorial ini kita akan membuat beberapa jenis tombol yang umum dijumpai pada media seperti yang saya sebut diatas tadi. Tutorial ini di buat rinci disetiap langkahnya dan ditujukan untuk pemula baik yang sudah mengenal Adobe Illustrator maupun yang baru pertama kali menggunakannya.

Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Illustrator CS, namun secara prinsif bisa di kerjakan pada aplikasi vector apapun (Corel Draw, Freehand, dll.)

Tombol Segi empat (square button)

  1. Bukalah aplikasi Illustrator dan buatlah document baru (File > New) dan aturlah setting seperti gambar dibawah sebagai artboard (bidang gambar) untuk membuatnya.
  2. Buatlah sebuah bujur sangkar menggunakan rectangle tool dengan size 200x 200 pixel dengan cara ; klik rectangle tool dan klik pada artboard (dimana saja) sehingga muncul sebuah window kecil. Lalu isilah ukurannya seperti gambar dibawah. 
  3. Untuk membuat ujungnya menjadi tumpul, kita tambahkan round corner dengan cara pilih Effect > Stylize > Round Corners dan masukkan nilai radius sebesar 10px. Klik OK
  4. Ubah round corner menjadi permanen. Cara membuat menjadi permanen adalah pilih bujur sangkar, lalu pilih Object > Expand Appearance.
  5. (Hal ini dibutuhkan agar ‘tingkat ketumpulan’nya tidak berubah ketika ukuran  bujur sangkar tersebut berubah. Cobalah dengan cara mengganti ukuran bujur sangkar menjadi 2000x2000px, maka sudut tumpulnya akan hilang. Sedangkan jka ukuran diperkecil maka bentuk bujur sangkar tadi berubah semakin mendekati ke bentuk lingkaran.)

  6. Kemudian kita isi bujur sangkar yg kita buat dengan gradient color dengan cara;
    • Pilih bujur sangkar dan aktifkan gradient pada panel tools (default berada disebelah kiri artboard) atau dengan menekan “ >
    • Pilih Windows > Gradients atau Ctrl+F9 untuk mengkatifkan panel gradient (jika belum aktif).
    • Pada panel color pilih grayscale mode (dengan cara mengklik tombol segitiga kecil pada pojok kanan atas panel, lalu pilih grayscale)
    • Degan keadaan bujursangkar masih terseleksi, pada panel gradient aturlah parameter sebagai berikut; Type = Linear, Angle = 90, lalu klik slider kiri dan isikan 100% pada panel color, dan klik slider kanan dan isikan angka 44% pada panel color sehingga diperoleh hasil seperti gambar dibawah.
  7. Copy bujur sangkar dengan menekan tombol Ctrl + C, lalu tekan tombol Ctrl + F (paste in front). Maka hasil copy dari bujursangkar tadi tepat berada diatas bujursangkar yang asli.
  8. Perkecil size bujur sangkar yang dicopy tadi menjadi 95% lebih kecil dari aslinya dengan cara pilih bujur sangkar yang dicopy tadi, lalu klik kanan mouse, pilih transform > scale, pilih uniform lalu atur scale menjadi 95% (abaikan settingan yag lain), klik OK.
  9. Kemudian buatlah sebuah elips berukuran 300×150 pixel (dengan cara yang sama seperti membuat bujur sangkar tadi)
  10. Letakkan ellipse diatas bujur sangkar yg kita copy tadi. Agar posisi ketiga shape sejajar secara vertical, pilih seluruh obyek lalu pilih Windows > Align, atau Shift+F7 dan klik “horizontal align center”
  11. Pilih hasil copy bujursangkar dan elips (untuk menyeleksi keduanya tekan shift lalu klik satu persatu kedua object tersebut). Kemudian pilih Window > Pathfinder (Ctrl+F9), pada grup shape modes, klik substract from shape area lalu klik Expand. Hasilnya adalah sebagai berikut.
  12. Pilih hasil perpotongan tadi, hilangkan outline dengan memilih stroke yang bertanda diagonal garis merah, dan pada fill pilihlah warna putih.
  13. Pekerjaan bisa dihentikan pada langkah di atas karena kita sudah mendapatkan tombol yang terlihat kinclong dan memiliki kilau yang tajam. Namun jika kita atur opacitynya menjadi 50%, tombol akan terlihat seperti gambar di bawah. Terlihat lebih mix.

Tombol Bulat (Round Button)

Dengan menggunakan teknik dasar pembuatan tombol diatas, kita bisa membuat variasi bentuk tombol yg lain. Berikut cara membuat tombol lainnya.

  1. Buat sebuah lingkaran dengan radius 300px (dengan cara yang sama seperti membuat tombol diatas), pilih gradient lalu atur parameter sebagai berikut;
    • Pilih color mode RGB (dengan cara mengklik tombol segitiga kecil di pojok kanan pada panel color)
    • Pada panel gradient pilih type = linear, dan angle = 90
    • Pada slider kiri masukkan nilai R =255 G=102 B=0
    • Pada slider kanan masukkan nilai R =255 G=232  B=61
  2. Lalu copy (Ctrl+C) dan paste (Ctrl+F),  dan buat hasil copian menjadi elips dengan ukuran  width 200px, height 130px. Aturlah letak elips tadi diatas lingkaran seperti gambar di bawah.
  3. Pilih gradient dan ubah mode color menjadi grayscale. Atur parameter sebagai berikut;
    • Type = linear,
    • angle = 90,
    • Slider kiri = 100%(hitam)
    • Slider kanan = 0% (putih)
  4. Pilih tab transparency (disebelah kanan tab gradient) ubah blending mode menjadi screen dan atur opacity menjadi 70%. Selesai!

Dengan tombol bundar diatas kita bisa menciptakan bentuk lain misalnya object-object dibawah ini :

Masih banyak object lain yg bisa memanfaatkan bentuk button di atas. Just explore!

Tombol Persegi Panjang (Rectangular Button)

Untuk tombol selanjutnya diasumsikan pembaca sudah mengetahui posisi panel-panel serta pengaturan parameternya seperti yang sudah dijelaskan diatas .

  1. Buatlah 2 buah persegi pajang dengan ukuran masing masing 400 x 50px (layer 1) dan 398 25px (layer 2).
  2. Pilih kedua bujur sangkar aktifkan gradient dan atur parameternya sebagai berikut;

Layer 1 :

  • Color mode = RGB
  • Type = linier, Angle= 90,
  • slider kiri  R = 23 G=23  B=117
  • Slider kanan R= 148 G=186 B=255

Layer 2 :

  • Color mode = grayscale
  • Type = linier, Angle = 90
  • Slider kiri = 70%
  • Slider kanan = 15%

  1. Pilih layer 2 dan letakkan di atas layer 1 seperti gambar dibawah
  2. Dalam keadaan layer 2 yang terpilih, pilih tab transparency dan ubahlah mode normal menjadi screen.
  3. Selanjutnya tambahkan persegi panjang berukuran 3 x 50px berwarna sama dengan layer 1 yang berguna sebagai separator antar tombol lalu tambahkan teks yang diperukan. Selesai.

Untuk tombol yang terakhir;

  1. Buatlah sebuah persegi panjang berukuran 350 x 80 px. Pilih gradient mode dan aturlah parameternya sebagai berikut;
    • Type = lnier
    • Angle = 90
    • Slider kiri : R =99 G =10 B = 23
    • Slider kanan : R=189 G=56 B=38
  2. Lalu tambahkan round corner ( Effect > Stylize > Round Corner). Atur radius = 10px, Klik  OK.  Dan buatlah jadi permanen dengan cara Object > Expand Appearance
  3. Buat duplikatnya dengan cara klik menu Object > Path > Offset Path lalu atu parameternya sebagai berikut; offset : -5px,  Joins : Miter, Miter limit : 4  klik OK.
  4. Setelah itu klik kanan mouse pilih ungroup dan pisahkan kedua perseg panjang tersebut.
  5. Gandakan lagi hasil duplikasi (persegi panjang yang kecil) dengan cara pilih object, tekan Ctrl + C, lalu Ctrl + F .

  6. Geserlah hasil copy yang terakhir kebawah secukupnya dan ganti warnanya menjadi warna putih seperti gambar dibawah
  7. Pilih object 2 dan 3 lalu potong dengan cara pilih Window > Pathfinder lalu pada group shape modes klik Substract from shape area lalu klik Expand. Akan kita dapatkan bentuk obyek seperti gambar di bawah.
  8. Ubah warna menjadi putih dan letakkan di atas object 1 seperti gambar dibawah. Tambahkan teks sesuai kebutuhan. This is it!


One response to “Membuat tombol berkilau (Shiny Button)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: